Lihat Kartu Ucapan Lainnya (KapanLagi.com)

Thursday, December 18, 2008

Metabolisme

Di dalam sel hidup terjadi proses metabolisme. Metabolisme digolongkan menjadi dua, yaitu proses penyusunan (anabolisme) dan proses pembongkaran/penguraian (katabolisme).

Perubahan-perubahan yang terjadi pada proses anabolisme dan katabolisme dapat dipercepat dengan suatu zat yang disebut fermen (enzim). Seperti dalam reaksi kimia anorganik, enzim bekerja sebagai katalisator. Enzim dapat mempercepat reaksi namun, enzim itu sendiri tidak mengalami perubahan.
Enzim memiliki fungsi yang khusus. Untuk mengubah zat tertentu, diperlukan enzim tertentu. Sifat lain dari enzim adalah kemampuannya bekerja secara bolak-balik (reversible).
Salah satu proses katabolisme (desimilasi) adalah respirasi. Dalam proses ini energi yang tersimpan ditimbulkan kembali atau dibongkar untuk menyelenggarakan proses-proses kehidupan. Proses katabolisme gula dibagi menjadi 4 tahapan yaitu glikolisis, reaksi antara, sikluus Krebs, dan transpor elektron.
Respirasi aerob adalah suatu proses pernapasan yang membutuhkan oksigen dari udara serta glukosa sebagai substrat. Respirasi anaerob disebut juga fermentasi (respirasi intramolekul). Tujuan fermentasi sama dengan respirasi aerob, yaitu untuk mendapatkan energi. Energi yang dihasilkan dalam respirasi aerob jauh lebih besar daripada yang dihasilkan melalui respirasi anaerob. Respirasi aerob menghasilkan 38 ATP sedangkan respirasi anaerob menghasilkan 2 ATP.
Fotosintesis atau asimilasi karbon adalah proses pengubahan zat-zat anorganik H2O dan CO2 oleh klorofil menjadi zat organik karbohidrat (glukosa) dengan pertolongan sinar. Fotosintesis hanya terjadi pada tumbuhan berhijau daun (autotrof). Proses fotosintesis yang terjadi di kloroplas melalui dua tahap reaksi, yaitu reaksi terang dan reaksi gelap.
Selain peristiwa fotosintesis (asimilasi karbon), terdapat juga peristiwa kemosintesis. Kemosintesis tidak memerlukan cahaya sebagai sumber energinya, tetapi menggunakan zat kimia, misalnya sulfida, nitrogen, sulfur, besi, amonia, dan nitrit. Zat kimia tersebut diperoleh dari lingkungannya. Dikenal 3 tipe tumbuhan, yaitu tumbuhan C3, tumbuhan C4 dan tumbuhan CAM yang dibedakan berdasarkanreaksi pengikatan CO2 dan/atau hasil awal fotosintesisnya.
Teknologi yang berkaitan dengan metabolisme telah memunculkan berbagai produk antara lain makanan suplemen, cairan infus, makkanan berkadar gula rendah, obat pelangsing, makanan astronot, teknik pengolahan makanan higienis berkualitas tinggi, dan sumber makanan utama berkualitas tinggi.
Sumber:Biologi kelas XII erlangga

No comments:

Post a Comment